Ads Top

Definisi Lengkap dan Penyebab Bau Mulut Berdasarkan Kriterianya


BLOGICAMP.blogspot - Bau Mulut menjadi salah satu topik yang paling segar untuk saya publikasikan pagi ini, blogicamp akan mengajak pembaca untuk mengetahui apa itu definisi lengkap bau mulut dan apa itu penyebab-penyebab terjadinya atau munculnya bau mulut

Macam-macam Definisi Bau Mulut Berdasarkan Ahli Medis atau Dokter Gigi dan Situs Kesehatan :

  1. Yang pertama adalah saya mencoba mengutip dari sebuah sesi tanya jawab seorang klient yang mengalami permaslahan bau mulut akut pada seorang Dokter gigi yang bernama drg Citra Kusumasari, SpKG. Dipublikasikan juga oleh KompasHealth, drg Citra Kusumasari, SpKG, telah menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjajaran Bandung dan kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia, memiliki banyak pengalaman melalui sejumlah praktik di berbagai klinik Jakarta, menurutnya dalam istilah kesehatan bau mulut disebut sebagai halitosis, yaitu merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut.
  2. Sementara berdasarkan doktergigi.net, Dokter spesialis penyakit dalam, penyakit napas bau atau halitosis yang bernama Zubairi Djoerban, mendefenisikan bau mulut adalah keadaan dimana terdapat bau yang tidak menyenangkan dari napas seseorang.
  3. Hampir mirip dengan dua definisi di atas, medicastore.com juga menjelaskan definisi bau mulut, Menurut situs ini definisi bau mulut adalah bau nafas yang tidak enak, tidak menyenangkan dan menusuk hidung.
  4. Dan terakhir adalah definisi mulut berdasarkan doktersehat.com, Bau Mulut atau Halitosis merupakan suatu keadaan dimana terciumnya bau mulut pada saat seseorang mengeluarkan napas (Biasanya tercium pada saat berbicara).
Jadi jika boleh merangkum dari beberapa definisi yang disajikan oleh ahli medis dan situs kesehatan tersebut, maka definisi lengkap bau mulut menurut blogicamp adalah : Bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut seseorang yang dapat keluar melalui proses bernapas atau saat berbicara yang menghasilkan rasa tidak sedap, tidak menyenangkan, dan menyengat saat tercium oleh hidung baik hidung pemilik mulut ataupun hidung orang-orang yang ada disekitarnya.



Ada sebuah kalimat menarik yang bisa saya kutip untuk para pembaca ketahui terkait hal seputar kesehatan bau mulut : 
Dikutip dari doktersehat.com, "Bau nafas khronis dilaporkan menimpa 25 % populasi penduduk di berbagai macam kalangan. Keadaan ini dapat berpengaruh dalam hubungan personal atau bahkan dapat menyebabkan bencana terhadap hubungan bisnis".
Dikutip dari doktergaulgigi.com, "Jumlah populasi orang yang memiliki kandungan bakteri baik yang lebih banyak dari bakteri jahat hanya 2%, selebihnya suram"
Bau mulut yang ternyata bukan hal sepele, lantas apakah penyebab terjadinya bau mulut pada seseorang ?
Berikut 10 penyebab munculnya bau mulut pada seseorang yang paling sering dikemukakan oleh kebanyakan ahli medis atau dokter gigi :


  1. Bau mulut dapat disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal atau menempel di saku gusi atau area celah-celah gigi
  2. Adanya penyakit sistemik misalnya penyakit ginjal menahun, penyakit hati menahun, infeksi saluran nafas, sinusitis.
  3. Bau mulut seseorang juga dapat muncul akibat dari mengkonsumsi obat-obat tertentu.
  4. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam mulut. 
  5. Bau mulut yang disebabkan oleh komponen utama bakteri sulfida dan merkaptan.
  6. Berkurangnya aliran air ludah atau mulut kering.
  7. Bau mulut disebabkan kebersihan gigi yang jelek, adanya gigi tiruan yang tidak bersih.
  8. Bau mulut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.
  9. Bau mulut yang disebabkan oleh adanya penyakit jaringan pendukung gigi.
  10. Bau mulut yang disebabkan adanya gigi rusak, dan karies gigi.
Sementara menurut blogicamp sendiri, berdasarkan pengalaman setidaknya ada empat penyebab bau mulut yang dapat muncul akibat dari kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat seperti :

  1. Bau mulut yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yaitu kebiasaan merokok
  2. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh cara dan pola sikat gigi yang tidak teratur.
  3. Bau mulut juga dapat muncul disebabkan sering mengkonsumsi alkohol.
  4. Bau Mulut juga dapat disebabkan oleh mengkonsumsi bahan makanan yang dapat menghasilkan bau tidak sedap seperti, bawang putih, jengkol, petai, duren, bawang merah. 
Definisi lengkap kesehatan seputar bau mulut dan penyebab bau mulut sudah kita ketahui, lantas bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan bau mulut yang kita derita saat ini, untuk mengetahui cara menghilangkan bau mulut tidak sedap silahkan baca : (Cara Praktis Menghilangkan Bau Mulut Dengan Gofress). 

Foto : KompasHealth, TechNion




1 comment:

  1. Topik yg bagus bgt untuk diangkat bos.
    bau mulut yg sedap memang salah satu faktor buat kita percaya diri.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.