Ads Top

Perlukah Blog Pribadi Menggunakan Hosting dan Domain Berbayar ?

Blogicamp- Perlukah sebuah blog pribadi menggunakan hosting berbayar dan domain berbayar ?  merupakan postingan pengganti sebuah postingan yang akan saya angkat dengan tema  "Blog-Blog Pribadi dengan Tingkat Bounce Rate di Bawah 50%", alasan mengganti tema cukup rumit memang, karena beberapa blog pribadi nara sumber sebagian besar tidak menggunakan fasilitas google analytic yang dapat menggambarkan berapa tingkat bounce rate rata-rata pada sebuah blog. Padahal saya yakin tema itu sangat bermanfaat untuk beberapa rekan pembaca termasuk saya untuk mengetahui bagaimana cara sebuah blog dapat menekan bounce rate mencapai angka di bawah 50%. Namun jangan khawatir saya benar-benar yakin bahwa tema pengganti ini juga tidak kalah bermanfaat untuk para pembaca, khususnya sebagai refrensi, informasi dan membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan data obyektif dari beberapa narasumber terpercaya.

Data ini diambil berdasarkan blogicamp question yang saya sebar ke beberapa blogger yang telah memenuhi syarat kualifikasi oleh saya pribadi dan telah menggunakan domain dan hosting berbayar, berikut informasi dan pendapat mereka tentang perlukah blog pribadi menggunakan hosting dan domain berbayar :

1. Mas Eko Priyanto


- Apakah alamat domain blog pribadi anda : http://www.ekopriyanto.com
- Sejak kapan blog tersebut didirikan : 2007
- Apakah saat awal pembangunan blog langsung menggunakan domain dan hosting berbayar :  Tidak, "hanya domain tanpa hosting"
- Silahkan isi tiga alasan anda mengapa menggunakan hosting dan domain berbayar : 1. Mudah untuk diingat, 2. Sbgai identitas / personal home page, 3. Lebih professional dan terkesan serius dalam mengelola blog.
- Dimana anda mempercayakan jasa domain hosting berbayar untuk blog tersebut : http://www.rumahweb.com / godady.com 
- Silahkan isi tiga alasan mengapa anda memilih untuk menggunakan jasa domain dan hosting tersebut : 1.Terpercaya, 2. pelayananya cukup memuaskan, 3. Cara pembayaranya cukup mudah dengan berbagai pilihan seperti transfer antar bank dan juga akun paypal.


2. Mas Sandi Prayoga 

- Apakah alamat domain blog pribadi anda : www.cookies.web.id & www.sandiprayoga.com
- Sejak kapan blog tersebut didirikan : Juni 2011 dan Agustus 2012
- Apakah saat awal pembangunan blog langsung menggunakan domain dan hosting berbayar :  YA
- Silahkan isi tiga alasan anda mengapa menggunakan hosting dan domain berbayar : 1. banyak plugin 2. bergengsi 3. mudah
- Dimana anda mempercayakan jasa domain hosting berbayar untuk blog tersebut : untuk pemula seperti saya pilih jogjahost
- Silahkan isi tiga alasan mengapa anda memilih untuk menggunakan jasa domain dan hosting tersebut :  murah, bayarnya pake rupiah jadi ga ribet

3. Mas Bambang Oke

- Apakah alamat domain blog pribadi anda : bambangoke.com (skrg di redirect ke blogoke.com)
- Sejak kapan blog tersebut didirikan : dari 2007
-  Apakah saat awal pembangunan blog langsung menggunakan domain dan hosting berbayar :
Tidak, Awal mula ngeblog pke blogger, kemudian setelah dapat duit dari internet baru beli domain dan custom domain blogger.
-  Silahkan isi tiga alasan anda mengapa menggunakan hosting dan domain berbayar : Sebenarnya, untuk masalah hosting tidak harus menggunakan hosting berbayar. Dengan custom domain blogger saya rasa sudah cukup, lebih murah hanya biaya domain $10/tahun.
- Kelebihan Hosting & Domain berbayar: Bisa menginstall CMS apa saja. Klo blogging pke wordpress recomended, Customize theme atau oprek lebih leluasa, Bisa install plugin yg membantu dlm blogging.
- Dimana anda mempercayakan jasa domain hosting berbayar untuk blog tersebut : Hosting di hostgator, Domain semua sama godaddy, name.com, namecheap dll, bayar pake paypal kalo nggak punya paypal bisa pke indo di rumahweb untuk domain saja
- Silahkan isi tiga alasan mengapa anda memilih untuk menggunakan jasa domain dan hosting tersebut :Hosting Hostgator, murah, unlimited domain (1 hosting bisa banyak domain), unlimited bandwith, secure (relative).

4. Mas Rangga Andrea 


- Apakah alamat domain blog pribadi anda : <not displayed>
- Sejak kapan blog tersebut didirikan :  lupa 2 tahun lalu kayanya. cek aja di whois
- Apakah saat awal pembangunan blog langsung menggunakan domain dan hosting berbayar :   tidak
- Silahkan isi tiga alasan anda mengapa menggunakan hosting dan domain berbayar : kredibel, trusted, dan market brand
- Dimana anda mempercayakan jasa domain hosting berbayar untuk blog tersebut : indonetmedia
- Silahkan isi tiga alasan mengapa anda memilih untuk menggunakan jasa domain dan hosting tersebut : kebetulan murah.

Saya melihat keunikan selama mengamati hasil informasi dari para narasumber ini, dan menurut kesimpulan saya berdasarkan data tersebut menggunakan hosting dan domain berbayar untuk sebuah blog pribadi bersifat relatif, karena menggunakan hosting dan domain berbayar menjadi begitu perlu ketika kita sudah benar-benar memiliki rencana matang atas blog kita termasuk rencana anggaran dana, dan menginginkan sesuatu keluluasaan setingkat lebih tinggi dari fasilitas yang gratis. Namun khusus untuk beberapa blogger yang mungkin baru akan memulai belajar sembari mematangkan rencana blog dan anggaran dana  maka menggunakan hosting dan domain berbayar dapat menjadi pekerjaan selanjutnya.

Kesimpulan ini tidak bersifat mutlak, pembaca mungkin dapat mengkritik dan menyempurnakan kesimpulan ini menjadi lebih baik, silahkan sampaikan pendapat pembaca di kolom komentar.



3 comments:

  1. Semoga saja lahirnya blogger-blogger baru dapat memberikan informasi yang lebih banyak lagi...niatkan bahwa blog adalah tempat Anda untuk menulis hal-hal yang Anda ketahui...cepat atau lambat tanpa Anda sadari...blog dapat menghasilkan income tambahan untuk Anda..

    Happy Blogging ~_~

    ReplyDelete
  2. Thanks atas infonya...tapi gimana ya kalau di bogger saya beli yang berbayar, misal: blabla.net. perlukah hosting dan domain berbayar tadi?

    ReplyDelete
  3. Ngeblog memang sangat bermanfaat, dapat banyak informasi dan banyak teman ..

    Keep Blogging!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.