Ads Top

Cara Membuat Blog Bisnis Gratis yang Profesional

Cara Membuat Blog - Saya pernah berbincang-bincang mengenai bagaimana potensi memiliki sebuah blog bisnis, juga tentang cara membuat blog bisnis gratis yang profesional dengan beberapa rekan terbaik saya. 

Saat itu banyak sekali pertanyaan yang mereka ajukan, dan saya mencoba memberikan jawaban atas pertanyaan mereka, namun ternyata rekan-rekan saya terus mengajukan pertanyaan yang arahnya mempertanyakan (bercanda), dan terkesan berputar-putar, karena hari sudah larut, kopi juga sudah habis, akhirnya saya memutuskan mengakhiri obrolan.

Sesampainya saya di rumah, saya berfikir kembali. Apakah jawaban yang saya berikan tidak menjawab pertanyaan mereka ?.

Nah, mengambil sisi positif dari obrolan tersebut, akhirnya saya tertarik untuk mengungkap cara membuat blog bisnis profesional secara gratis serta proses yang diperlukan untuk benar-benar menghasilkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah melalui Blogicamp.

Cara Membuat Blog Bisnis

Saya percaya bahwa pasti ada orang serius yang saat ini sedang mencari sarana yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan bisnis yang sedang mereka hadapi saat ini.

Seperti misalnya, penurunan omset penjualan pada sektor offline, atau sarana penunjang tambahan untuk meningkatkan penghasilan bisnis mereka.

Apakah anda salah satu diantara mereka ? Jika jawabannya ya, silahkan menyelesaikan membaca postingan ini hingga selesai.

Anda akan mendapatkan panduan gratis bagaimana metode menciptakan blog bisnis profesional dengan platform populer gratis terbaik yaitu Blogger dan WordPress.

Namun sebelum anda mengetahui bagaimana semua metode menciptakan blog bisnis, tidak bermaksud merayu, mengiming-imingi, atau bahkan membuat anda tertarik.

Berikut saya sisipkan salah satu profil atau biografi blogger idola saya, yang terbukti memiliki bisnis dengan potensi penghasilan jutaan rupiah, hanya dengan mendesain dan mengelola sebuah blog profesional secara konsisten.

Blogodolar Blog Bisnis Idola Saya

Blogodolar adalah salah satu blog yang dimiliki dan dikelola secara profesional oleh seorang yang bernama Herman Yudiono, para blogger lebih akrab memanggil beliau Kang Herman.

Blogodolar, merupakan blog personal yang secara konsisten mempublikasikan informasi proses pengelolaan blog yang dilalui oleh Kang Herman. Dan menariknya, informasi yang disajikan benar-benar membuat para Blogger lain sangat terbantu, termasuk saya.

Nah, selain untuk keperluan berbagi informasi seputar tips ngeblog, belum lama, weblog Kang Herman juga menyediakan ebook gratis dan berbayar. Menariknya perpaduan antara weblog yang dibuat dan dikelola secara profesional dengan produk yang bermanfaat, membuat Kang Herman Yudiono mampu menghasilkan nominal yang terbilang fantastis dalam hitungan minggu.

Saya mengetahuinya setelah membaca tulisan yang diposting beliau pada Jum'at, 17/06/2016, anda pun bisa membacanya, silahkan baca "Di Balik Penjualan Ebook Make Money Bloging"

Jika sampai di sini anda masih tertarik untuk membaca, maka selanjutnya mari kita samakan dulu pemahaman kita tentang definisi sebuah blog bisnis profesional.

Apa sebenarnya blog bisnis profesional ?

Sebuah sarana atau media marketing atau pemasaran online terpercaya yang dibuat oleh desainer web log menggunakan alamat domain sendiri atau hosted domain, hosted dan selfhost hosting, dengan desain responsif, loading super cepat, pelayanan prima, ramah pengguna, ramah terhadap mesin pencari, yang berisi konten dan produk atau jasa yang berkualitas yang diperjual belikan.

Fungsi utama blog bisnis yang profesional

Web log bisnis berfungsi sebagai sarana pendukung canggih yang dapat membantu seluruh konsumen yang ingin mencari informasi atau bahkan membeli kebutuhan mereka melalui internet (online).

Apa saja keuntungan mendesain blog bisnis yang profesional ?

Dapat menambah penghasilan

Keuntungan utama yang pasti diperoleh bagi pengusaha atau sebuah perusahaan yang membuat web log profesional adalah, mendapatkan sumber penghasilan tambahan, meskipun pada kenyataannya saat ini justru memungkinkan sebuah web log bisnis lah yang menjadi sumber utama terbesar sebuah perusahaan.

Dapat mendongkrak brand personal & perusahaan

Karena web log juga dapat berfungsi sebagai sarana promosi, maka setiap perusahaan yang menciptakan blog bisnis yang terbukti dapat bermanfaat bagi pengguna internet, dipastikan popularitas mereka juga ikut terdongkrak tidak hanya dari sisi offline, juga pada sektor online.

Jangkauan konsumen luas baik lokal maupun internasional

Karena web log bisnis dibuat secara online, maka setiap pengguna lokal bahkan internasional yang memiliki perangkat gadget baik smartphone dan tablet atau komputer yang terkoneksi internet, dipastikan dapat mengakses web log bisnis dan mengetahui produk atau jasa yang anda tawarkan tanpa harus terkendala oleh jarak.

Bebas waktu dan tempat

Anda memiliki kebebasan waktu dan tempat dalam mengelola web log bisnis yang anda buat. Pengelolaan web log bisnis dapat dilakukan kapan saja mulai pagi, siang, hingga tengah malam. Menariknya, anda juga memiliki kebebasan tempat, karena, pengelola web log bisnis saat ini, sebagian besar sudah menggunakan perangkat portable canggih (laptop) yang dapat dibawa kemana saja.

Selain dapat anda kembangkan di rumah, web log bisnis anda dapat anda kelola dan kembangkan sambil menikmati liburan di pusat liburan seperti taman kota, dan masih banyak tempat nyaman di luar yang bisa anda pilih.

Cara Membuat Blog Bisnis Gratis di Blogspot

Anda perlu memiliki sebuah email sebelum memulai proses pembuatan blog bisnis baru anda. Jika anda pengguna smartphone berbasis Android saya pastikan anda sudah memiliki akun Gmail.

Mengapa harus menggunakan Gmail bukan yang lainnya ? karena, blog bisnis anda akan dibuat dengan menggunakan platform Blogger, yaitu platform gratis yang disediakan oleh Google untuk semua pengguna Internet, termasuk anda sebagai pemilik bisnis.

Ada 6 tahap sederhana yang perlu anda lakukan untuk dapat membuat blogger bisnis baru anda, diantaranya adalah : pemilihan nama blog, pemilihan judul blog, tahapan pembuatan, editing, pengelolaan, promosi.

Tahap 1 : Memilih alamat atau nama blog yang bagus

Setiap web log harus memiliki nama blog atau alamat url blog, url blog ini nantinya akan mempermudah pengguna internet untuk mengingat dan mengakses blog bisnis anda.

Dalam memilih nama blog yang bagus anda dapat mempertimbangkan dua hal. Yang pertama, apakah nama blog yang akan anda pilih untuk keperluan branding ?, dan yang kedua, apakah nama blog yang akan anda pilih untuk keperluan pengoptimalan pada mesin pencari ?

Selain itu nama blog yang bagus juga terdiri dari 1 hingga dua suku kata, agar dapat memudahkan pengunjung anda untuk selalu mengingat nama blog bisnis anda.

Jika anda memilih pertimbangan pertama, maka anda cukup mengadopsi nama atau merek bisnis offline anda, yang ada saat ini, sebagai alamat blog bisnis baru anda.

Jika anda memilih pertimbangan kedua, maka anda perlu menggunakan kata kunci yang relevan sesuai dengan bisnis anda. Ini akan membantu dan mempermudah blog bisnis yang anda rancang untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari, sesuai dengan kata kunci bisnis yang anda bidik.

Tahap 2 : memilih judul blog yang sesuai dengan kata kunci bisnis anda

Ini adalah bagian yang sangat penting, karena nantinya mesin pencari akan menggunakan judul ini untuk mengetahui seluruh isi blog anda untuk selanjutnya ditampilkan pada halaman pencarian.

Sangat disarankan untuk memilih judul blog dengan kata kunci pencarian yang sesuai dengan bisnis anda.

Tahap 3 : Memulai proses pembuatan blogger bisnis

Saya menganggap anda adalah sebagai pemilik bisnis furniture dalam proses pembuatan blog profesional gratis ini sebagai contoh. Silahkan buka www.google.com. Karena, icon blogger hanya muncul pada google.com. Berikut cara menggunakan google.com :

Membuka Google Com  Sebelum Memulai Merancang Blogger Bisnis Baru

Silahkan anda pilih ikon blogger lalu masukan akun gmail dan password anda untuk memulai proses pembuatan.  

Mengakses Fitur Google Agar dapat membuat ikon blogger tampil pada browser

Memlih ikon blogger untuk untuk dapat membuat anda masuk ke blogger dasboard

Memasukan alamat email yang sudah anda buat untuk dapat masuk ke blogger dashboard

Masukan kata sandi gmail bikinan anda untuk login ke blog dashboard


Silahkan masukan judul & alamat blog bisnis yang sudah anda rancang sebelumnya untuk blog bisnis baru anda.

Memasukan nama dan judul blog yang sudah anda buat sebelumnya


Silahkan pilih template template standar buatan blogger terlebih dahulu untuk blog bisnis baru anda. (Bagaimana cara kostumisasi template blog akan anda dapatkan pada tahap 4).

Memulai pembuatan weblog bisnis baru anda dengan mengklik buat blog di bagian bawah judul, dan alamat url blog bisnis anda. Berikut hasil sementara blog bisnis yang baru saja anda ciptakan.

Mengklik tombol buat blog untuk proses pembuatan blog bisnis baru

Tampilan standar blog bisnis anda yang sudah selesai di rancang

Tahap 4 : Editing blog bisnis “perubahan template & logo header”

Proses pemilihan dan pengeditan template yang akan dibuat 

Pihak Google sebenarnya sudah membuat dan menyediakan template untuk para pengguna fasilitas blogspot, hanya saja, anda juga bisa mendapatkan banyak pilihan template yang dibuat para desainer weblog dan dibagikan secara gratis. 

Saya biasanya lebih memilih untuk menggunakan template gratis yang disediakan oleh para desainer weblog. Alasannya cukup banyak diantaranya, template sudah ramah terhadap mesin pencari, beberapa template ringan saat diakses, responsive, mobile friendly dan masih banyak lagi. 

Memulai proses pemilihan template, salah satu tempat yang paling saya rekomendasikan untuk mendapatkan template untuk blog bisnis anda adalah arlinadzgn

Setelah anda mendapatkan pilihan template blog gratis terbaru yang diinginkan untuk blog bisnis anda, maka selanjutnya kita upload terlebih dahulu template tersebut. Di sini, saya memilih template simple gird milik arlinadzgn. Berikut caranya : 

Memilih ikon cadangkan dan pulihkan untuk perubahan template baru untuk blog bisnis yang dibuat

Memilih ikon choose file untuk dapat memilih template pada komputer atau laptop anda

Memilih file template yang sudah anda pilih untuk diupload ke blog bisnis anda

Klik open untuk menguggah template blog bisnis anda

Selanjutnya, pengeditan bagian header adalah hal yang penting yang harus dilakukan. Anda perlu menambahkan sebuah logo pada bagian header. Di sini saya menggunakan software AAA Logo untuk mendesain logo blog gratis. 

Berikut cara membuat header blog bisnis tampil profesional dengan menambahkan sebuah logo perusahaan yang sudah dibuat : 


Pilih fitur tata letak untuk melakukan perubahan header blog bisnis

Pilih logo blog yang sudah diciptakan lalu klik open untuk proses upload

Klik selain judul dan keterangan lalu klik simpan

Header blog bisnis dengan logo perusahaan yang sudah dibuat

Tahap 5 : Pengelolaan blog bisnis baru 

Setelah anda berhasil mengkostumisasi web log bisnis baru, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pengelolaan. Untuk mempermudah anda dalam melakukan pengelolaan, berikut penjelasan singkat mengenai fungsi masing-masing fitur yang ada pada blogger dashboard blog bisnis anda. 

Mengenal fitur-fitur pada dashboard blogger buatan google


Dashboard blogger buatan Google, memiliki tampilan yang sangat simple dan ramah pengguna. Dashboard utama terdiri dari urutan fitur di sebelah kiri, lalu statistik penayangan, notifikasi aktifitas terbaru blog anda, berita, serta panduan blogger resmi lengkap yang sudah disediakan oleh Google, dan sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, juga ada pada bagian dashboard utama blogger.

Layanan blogger gratis yang disediakan oleh google memiliki 10 fitur utama, berikut penjelasan singkat masing-masing fungsi fitur tersebut: 

Entri baru 

Ini adalah fitur blogger yang memudahkan anda untuk memulai membuat postingan baru untuk blog bisnis anda. 

Ikhitisar 

Berfungsi menampilkan halaman utama dashboard blog yang memudahkan anda untuk memantau statistik blog dan notifitaskasi atau pembaharuan pada blog anda. 

Pos 

Berfungsi untuk menampilkan semua pos yang ada blog bisnis anda yang sudah anda buat dan publikasikan sebelumnya. 

Laman

Selain halaman Home (depan), sebuah weblog bisnis biasanya memiliki beberapa halaman pendukung lainnya, seperti halaman tentang blog bisnis anda, halaman kontak, halaman kebijakan dan privasi dan masih banyak lagi. Nah, untuk proses pembuatan halaman dan publikasi halaman dapat dilakukan pada fitur ini.  

Komentar 

Fitur komentara berfungsi untuk memudahkan anda mengetahui dan membaca komentar blog yang masuk. Persetujuan komentar untuk dapat ditayangkan atau anda ingin menghapus komentar yang tidak anda inginkan pada blog bisnis anda, juga dapat dilakukan pada fitur ini. 

Kampanye 

Ini adalah fitur promosi yang disediakan oleh google (Adwords), fitur ini memungkinkan anda untuk membuat iklan untuk blog bisnis anda, agar blog anda lebih dikenal oleh banyak orang dengan cepat.

 Tata letak 

Fitur ini berfungsi untuk memudahkan anda mengatur tata letak blog bisnis anda agar terlihat lebih rapih dan profesional. Pengaturan yang bisa anda lakukan di sini sangat banyak, mulai dari perubahan logo header, penambahan widget untuk sidebar, atau pemasangan script dari pihak ketiga seperti facebook page, histats, dan lainnya. 

Template 

Fitur template berfungsi untuk memudahkan anda melakukan perubahan dan pengeditan template blog bisnis anda. 

Setelan 

Fitur ini berfungsi untuk memudahkan anda melakukan pengaturan seperti perbaikan judul dan penambahan deskripsi blog bisnis anda, pengaturan jumlah postingan yang akan ditampilkan pada halaman depan blog bisnis anda, pengaturan filter komentar, pengaturan admin pengelola blog bisnis anda, dan pengaturan untuk keperluan peningkatan performa blog pada mesin pencari. 

Kini anda sudah mengetahui semua fungsi dari fitur yang ada pada blogger, silahkan lanjutkan membaca karena di sini anda akan mengetahui bagaimana pengelolaan contoh blog bisnis furniture online profesional. 

Kita dapat menyamakan blog bisnis kita dengan bisnis offline yang sedang kita jalani saat ini, kita hanya perlu mengkonsepnya ke dalam sebuah blog bisnis yang baru saja anda buat. 

Nah blog furniture online ini, pengelolaannya dimulai dengan melakukan pengaturan tentang halaman about, kategori produk, kontak, dan cara pembelian juga beberapa kategori tambahan lainnya, barulah selanjutnya kita tinggal melakukan posting. 

Panduan Pembuatan Halaman About Us Blog

About us atau dalam bahasa Indonesia (tentang kami) merupakan halaman yang dapat anda gunakan untuk mendeskripsikan profil perusahaan anda kepada semua pengunjung anda. Beberapa perusahaan yang sudah memiliki weblog bisnis, biasanya mamiliki halaman about yang menarik sehingga mampu mendongkrak tingkat kepercayaan pengunjung mereka. 

Selain menyajikan informasi mengenai profil perusahaan, keunggulan produk dan pelayanan, halaman about yang menarik biasanya juga dipadukan dengan gambar atau foto. Berikut panduan pembuatannya : 

Membuat halaman baru untuk blog bisnis anda


Memulai postingan dengan memasukan judul halaman dan isi halaman


Contoh halaman tentang kami yang sudah dibuat

Contoh halaman tentang kami yang sudah dipublikasikan

Pengaturan kategori blog bisnis furniture minimalis online, hampir mirip dengan bisnis offline anda, untuk memudahkan pengunjung blog bisnis online anda mengetahui dan produk yang mereka cari, kita perlu melakukan pengaturan kategori, berikut cara mengatur kategori pada blog furniture minimalis online : 

Tampilan blog bisnis sebelum kategori produk dibuat

Masuk ke menu template untuk pengaturan kategori

Melakukan pencarian fitur menu default bawaan template standard

Melakukan perubahan fitur menu dengan membuat kategori baru

Tampilan kategori blog bisnis furniture setelah di rubah


Saat ini blog bisnis anda siap dikelola, dan, anda dapat memulai mempublikasikan baik itu informasi penting yang dibutuhkan konsumen seputar produk bisnis anda, dan juga mempublikasikan jasa atau produk bisnis anda. 

Kita tadi sudah selesai melakukan pengaturan kategori, nah di sini saya memilih untuk mempublikasikan produk terlebih dahulu, masing masing 1 produk tiap kategorinya. Berikut ini caranya : 

Pada bagian dashboard, silahkan anda klik entri baru untuk memulai publikasi produk atau jasa ke dalam blog bisnis anda. 




Isi judul postingan untuk produk atau jasa blog bisnis anda, dan jangan lupa sesuaikan dengan kategori yang sudah anda buat. 


Lanjutkan untuk melakukan upload foto produk ke dalam postingan yang akan anda publikasikan.
Caranya, silahkan klik insert image, pilih upload file, pilih foto yang akan di upload dari komputer atau laptop anda, lalu klik open. 

Setelah foto terupload, lanjutkan dengan mengklik foto, lalu klik add selected, agar foto produk anda dapat masuk ke dalam postingan. 



  

Foto akan otomatis berada dibagian atas, agar pengunjung blog bisnis anda dapat mengetahui gambaran kualitas produk anda, silahkan lengkapi postingan dengan informasi produk secara rinci. 


Setelah semua informasi dan foto produk sudah dilengkapi, maka selanjutnya klik publikasikan untuk mempublikasikan atau menampilkan ke halaman utama blog bisnis anda. 


Setelah anda mempublikasikan postingan, maka postingan akan langsung terpublish, berikut hasilnya : 

Lakukan cara yang sama pada masing-masing produk yang ingin anda posting sesuai dengan kategori produk yang sudah anda tentukan, berikut tampilan lengkap sebelum dan sesudah, contoh blog bisnis furnitur minimalis setelah dilakukan pengelolaan. 



Proses membuat blog bisnis sudah selesai dan tampilannya pun sekarang lebih profesional dari sebelumnya. Bagaimana jika anda ternyata lebih tertarik menggunakan platform WordPress ?. Caranya pun juga tidak sulit. 

Video Panduan Membuat Blog WordPress Gratis 

Berikut video panduan terbaik dari Navaimtutorial tentang bagaimana membuat WordPress gratis. Video berdurasi kurang dari 20 menit ini, benar-benar dapat membantu anda membuat WordPress gratis dengan mudah dan cepat, yang kemudian dapat anda gunakan untuk keperluan berbagi informasi penting jasa atau produk bisnis anda. 

Cara Membuat Blog Bisnis agar Menghasilkan Uang

Memulai mengoptimalkan blog bisnis anda agar dapat menghasilkan ratusan hingga jutaan rupiah. Jika anda mengharapkan penghasilan besar tanpa kerja keras itu mustahil. 
Hal ini juga sama ketika anda menciptakan dan mengembangkan sebuah blog bisnis, ada proses yang perlu dilalui diantaranya sebagai berikut : 
Promosi

Hampir sama dengan bisnis offline, anda juga sangat disarankan untuk melakukan promosi. Promosi blog bisnis, akan memungkinkan blog anda diketahui secara luas. Anda bisa menggunakan layanan promosi gratis ataupun berbayar. 
Promosi Gratis : 
  • Facebook Page
  • Twitter
  • Pinterest
  • Google Plus
Promosi berbayar : 
  • Google Adwords
Update konten dan produk blog bisnis anda secara berkala berkala 

Selalu update informasi dan produk blog bisnis anda, ini akan berdampak positif pada mesin pencari, dan kemungkinan blog bisnis yang sudah anda ciptakan dapat menaiki peringkat pada mesin pencari dengan mudah dan cepat. 

Penutup 

Bagaimana cara membuat blog bisnis profesional gratis menggunakan Blogger maupun WordPress sudah selesai dibahas dalam postingan ini. 

Jika anda merasa postingan ini bermanfaat, jangan sungkan bantu juga pembisnis lainnya, untuk mengetahui semua tahapan dan contoh cara menciptakan weblog gratis yang profesional, dengan mengklik tombol share yang tersedia di bawah postingan ini.  

No comments:

Powered by Blogger.